Free website traffic to your site!

Sejarah Berdirinya Blog

Sejarah Berdirinya Blog


Sejarah Berdirinya BlogSejarah Berdirinya Blog - Bloging sebenarnya sudah ada sejak 1997. Namun pada waktu itu belum sama seperti saat ini. Pada awal kemunculan blog dahulu lebih dikenal dengan Diary Online. Seorang pelopor dari Internet-Base jurnalist yang berperan besar dalam perkembangan blog Dia bernama Justin Hall. Dialah yang pertama kali membuat diary online "The Justin Links From The Underground". Pada saat itu Dia masih duduk dibangku pendidikan Swarthmore College, Amerika Serikat.

Saat itu blog yang dikenal dengan Diary Online merupakan web dengan sebuah kumpulan link yang mengarah ke web lain yang mempunyai tujuan agar dikomentari dan dibahas oleh pemilik diary tersebut. Bisa dikatakan jika bentuk blog pada saat itu menyerupai katalog link yang berisi opini para pemilik blog.

Pada tahun 1997 Jorn Barger yang merupakan seorang programer pengelola diary online yang bernama Robot Wisdom membuat istilah weblog yang berarti masuk ke website. Kenapa memakai istilah tersebut?? Jawabannya adalah karena pada saat itu merupakan awal perkembangan blog. Pada saat itu banyak blogger banyak yang mulai masuk dunia web guna menampilkan link-link halaman web orang lain. Dan yang kemudian dirangkum disertai dengan pendapat tentunya.

Pada tahun 1998 sudah ditemukan beberapa web yang dikategorikan sebagai sebuah blog. Dan pada saat itu seorang blogger tidak serta merta bisa dengan mudah membuat blog. Kenapa?? Karena pada waktu itu untuk menjadi seorang blogger paling tidak harus mahir dalam programing, website, html, web hosting dan file hosting untuk bisa mempunyai blog. Jadi hanya blogger profesional saja yang bisa mempunyai blog sendiri.

Sejarah Berdirinya Blog


Pada awal 1999 dunia blog sudah mulai berubah secara pesat. Karena pada saat itulah tahun munculnya blogger.com yang menjadi platform situs penyedia layanan pembuatan blog gratis yang diluncurkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Pira Lab pada agustus 1999. Pada saat itu seorang yang bernama Peter Merholz merubah istilah weblog menjadi wee-blog. Hingga akhirnya menjadi blog sampai saat ini.

Pada tahun 2002 google mengakuisisi blogger.com dari perusahaan pemilik sebelumnya. Yang akhirnya blogger.com tumbuh secara pesat dan semakin berkembang menjadi situs penyedia layanan pembuatan blog gratis dengan ditambahkan fitur-fitur yang semakin menunjang kemudahan para blogger dalam membuat dan mengembangkan blog mereka.
Di Indonesia sendiri blog mulai berkembang pada tahun 2000an. Dan pada awal 2004 blog di Indonesia berkembang semakin pesat dengan jumlah pengguna blog atau blogger yang semakin bertambah hingga saat ini.

Dulu yang namanya blog hanya sekedar sebuah diary atau catatan, kini blog juga bisa berisi tulisan-tulisan bahkan sebuah informasi yang bisa kita bagikan bagi para pembaca.

Sumber artikel : panduan-belajar-blog.blogspot.com

Related Post :

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Dunia Blog